oleh

Nulis? Siapa Takut !

-Zetizen-33 views

Buat kalian yang nggak mengikuti ekskul di sekolah, dijamin rugi berat. Karena nyatanya ekskul gak cuma berguna menambah nilai di rapor, tapi juga menjadi sarana pengembangan diri. Nih, salah satunya ada yang pernah dengar ekskul karya ilmiah remaja (KIR) ? Kalau belum, kuy cekidot, guys…

BANYAK hal melatarbelakangi seseorang mulai menulis. Mulai dari berharap memperoleh pendapatan, bentuk aktualisasi diri sampai sarana berbagi. Padahal, menulis itu bisa jadi sarana menuangkan ide brilian dan paling mudah untuk berbagi. Ia mengungkapkan, meski hanya sedikit keinginan menulis, setidaknya tuangkanlah. Seperti beberapa teman generasi Z kita guys. Salah satunya Malta, siswi SMAN 3 Unggul Palembang, anggota KIR, yang merupakan ekstrakurikuler favorit di SMANTA. Banyak banget lho prestasi yang sudah diraih Malta selama menjadi anggota KIR, greget guys. ”Di sini kami belajar bagaimana cara membuat karya tulis ilmiah (KTI). Bukan hanya itu, kami juga belajar tentang debat, menulis esai, membuat mading, maket, dan pastinya percobaan yang berbau ilmiah dan lain-lain. Bicarain prestasi yang kami raih cukup membanggakan, mulai dari juara 1 LKTI tingkat nasional, juara tingkat Kota Palembang , juara 2 esai yang diadakan Komunitas Muda Sriwijaya (KMS), juara 1 mading tingkat SMA/SMK/MA se-Kota Palembang ,juara 2 dan 3 debat dan juara 2 maket se-Kota Palembang. Apalagi saya sangat suka ikut lomba mengenai KTI . Alhamdulillah, juara 2 saat itu dan juara lomba pidato Indonesia dan esai,” ujar Maltadiah Rohibah, siswa SMAN 3 Unggul Palembang.

Tak hanya tim cewek aja lho, tapi dari tim cowok nggak kalah seru dalam mengejar prestasi di bidang KIR. Seperti, Billy, mahasiswa Universitas Sriwijaya Palembang. “Selama mengikuti organisasi ini, di sana saya belajar banyak tentang kepenulisan, terutama penulisan ilmiah. Dari organisasi tersebut, saya banyak belajar dan mengetahui cara menulis sesuai kaidah ilmiah. Bertemu orang orang hebat serta mendapatkan banyak ide dan teknik kepenulisan yang menambah perspektif pribadi. Beberapa prestasi yang diraih, yaitu juara 1 Kisah Inspiratif Universitas Sriwijaya FKM Unsri 2018, juara 2 Mahasiswa Berprestasi Utama FK Unsri 2018, juara 3 Sriwijaya Medical Olympiad FK Unsri 2018. Saya sering ikut lomba KIR tentang kesehatan, sesuai jurusan yang saya tempuh sekarang yaitu mengangkat permasalahan potensi stem cell dalam regenerasi nefron melalui mekanisme differensiasi dan pengeluaran sitokin serta remodelling melalui pusat pengaturan (SDF-1/ CXCR4), potensi terapi alternatif sebagai upaya peningkatkan kualitas hidup pasien gagal ginjal karena banyaknya angka kematian pasien gagal ginjal di Indonesia,” ucap Billy, mahasiswa Universitas Sriwijaya. Intinya, jangan berpikir kalo menulis itu sulit. Yang terpenting kalian tulis saja apa yang kalian pikir. Jangan menyerah untuk berkarya ya. Siap! (*/ce3)

Muhammad Rian Hidayat, SMA Plus Negeri 17 Palembang

Jangan Menyerah Meraih Prestasi “Saya baru saja pulang dari Purbalingga, Jateng, sebagai delegasi Sumsel di ajang Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional ke-17, yang diadakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Di sana kami mendapatkan pelatihan bagaimana menulis penelitian/riset secara baik dan benar sesuai metodologi penelitian, dan Alhamdulillah riset kelompok saya menjadi salah satu terbaik. Semester lalu pula saya mendapatkan medali perunggu dalam Ajang Indonesia Science Enterprise Challange untuk memecahkan suatu permasalahan dengan ide/gagasan.”

Annastasya Devita Maharani, SMA Plus Negeri 17 Palembang

Berpikir Kritis “Ekskul KIR di SMA Plus Negeri 17 itu namanya KIRANA 17 (kelompok ilmiah remaja andalan anak 17). Yah, seperti ekskul KIR di sekolah lain pastinya kami harus berhadapan yang namanya ngerjain karya tulis ilmiah dari bab 1-5, tapi yang membedakannya kita wajib memilih bidangnya sendiri dan dilatih untuk ngerjain LKTI dalam waktu seminim mungkin. Belajar menulis karya ilmiah juga harus siap mental untuk nerima coretan yang bisa bikin naskah jadi wah banget deh, tapi tetep, seru banget lho jadi anak KIR.”

Komentar

Berita Lainnya