oleh

Statusmu adalah Harimaumu Jauhi Fitnah !

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk” (Q.S An-Nahl : 125).

Di era modern seperti sekarang, membuat setiap orang mudah sekali untuk berhubungan dengan orang lain. Yaps, media sosial. Tempat dimana kita bisa bertemu dengan teman lama dan bisa melihat perkembangan dunia hanya dengan lewat handphone. Nah, gimana sih sebaiknya sebagai seorang muslim dan muslimah kita menggunakan media sosial? Yuk, simak! (nda)

MEDIA sosial merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain. Seperti menggunakan Whatsapp, line, facebook, instagram, dan media sosial lainnya. Tetapi, di era sekarang banyak banget kan yang suka berdebat di sosial media?

Suka memberikan informasi yang hoax? Semoga itu bukan generasi Z ya! Ternyata, emang banyak banget lho manfaat sosial media bagi anak muda misalnya bisa belajar online antara guru dan siswa, pengetahuan semakin luas, komunikasi lancar dan pastinya bisa saling bertukar informasi meskipun hanya lewat handphone.

Yang pastinya kita bisa menambah pengetahuan seluas-luasnya. “Sebagai anak muda sebaiknya hendaklah menggunakan sosial media dengan baik dan bijak. Artinya ambil positifnya dan tinggalkan negatifnya.

Betapa banyak informasi yang bisa kita dapatkan dari sosial media yang hampir setiap orang memilikinya,” ucap Farhaini, S.Pd.I., Guru Pendidikan Agama Islam, SMA Negeri 1 Palembang. So, Gunakanlah sosial media sebagai sarana yang ada untuk diambil manfaatnya.

Namun jika medsos justru membawa lebih banyak kerugian daripada manfaatnya, maka jauhilah. Berbagai informasi memang bisa kita dapatkan dengan mudah. Nah, kalo udah dapet harus gimana tuh?.

“Sebaiknya sebagai anak muda masa kini, postinglah hal-hal yang baik atau bermanfaat bagi orang lain. Jauhi lah hal-hal yang membawa dampak negatif bagi diri kita yaitu ghibah, membuka aib orang lain, dan berita yang belum jelas,” tambahnya.

“Media sosial dapat mendatangkan manfaat dan juga mudhorat. Salah satu manfaatnya medsos dapat dijadikan wadah atau lahan untukdakwah amar ma’ruf nahi munkar yaitu mengajak berbuat baik dan mencegah perbuatan buruk.

Seperti yang sudah di jelaskan dalam Al-Qur’an surat Al Hujurat : 12 yang berbunyi “Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati?

Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang,” tutupnya.

Nah, sebagai anak muda yang gak bisa jauh dari yang namanya smartphone dan suka menyebarkan suatu informasi maka hendaklah ia pahami dulu tentang informasi tersebut. Jangan cepat-cepat untuk menyebarkannya dikhawatirkan malah menyebarkan informasi kebohongan. Saring sebelum sharing, ya guys! (*)

Komentar

Berita Lainnya